Reviu Fitrah Seksualitas Anak Day 1

Kamis, 4 Januari 2018
Selasa lalu Kelas Bunda sayang IIP melanjutkan materi mengenai fitrah seksualitas anak. Bedanya, kali ini materi tanpa materi. Belajar dengan cara mencari materi sendiri dan mengajarkannya lagi.
Di grup fasilnas sendiri dibagi menjadi 10 kelompok secara acak dan setiap harinya dimulai dari hari ini melakukan presentasi mengenai tema yang sama. Hasil dari presentasi ini dibuat reviu dan tetap disetorkan setiap harinya sebagai tantangan 10 hari.
Poin yang ditampilkan oleh kelompok 1 yang berisi mbak Diah, teh Luthfia, mbak Anna dan mbak Firsta ini menekankan pada “Pentingnya membangkitkan fitrah seksualitas pada anak”.
Diawali dengan pergerseran makna gender yang tadinya bermakna jenis kelamin menjadi mempunyai peran sosial, kemudian terjadi fenomena LGBT.
Dalam konteks pengasuhan anak berkaitan dengan fenomena ini, ketimpangan atau ketiadaan keteladanan figur ortu menjadi penyebab munculnya fenomena LGBT.
Menariknya, hal yang dianggap menyimpang ini ternyata banyak pendukungnya! Bahkan di Thailand, bukan hanya 2 jenis kelamin yang diakui melainkan 18! Itu bukan karena bentuknya, tapi karena kecenderungan kesukaannya.
Hal ini sangat mengkhawatirkan, ini sama artinya bahwa orangtua punya PR besar dalam menumbuhkan fitrah seksualitas anak. Namun bukan berarti kita harus terjebak dengan kekhawatiran dalam mengasuh anak, karena hal ini bukan tidak bisa dicegah, perlu niat yang kuat disertai membekali diri dengan pengetahuan baik suami maupun istri, juga bersinergi dengan pihak lain karena it’s take a village to raise a child.
#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11
#KuliahBunsayIIP
#day1
Renungan pendidikan #85, Harry Santosa, 2016

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s