Ruang Eksplorasi Anak

Anak-anak adalah pribadi yang kreatif, itu sudah desain dari sononya. Nyoba ini itu, jatuh, melakukan percobaan aneh dan kadang bikin orangtuanya kesel. Ngga kenal takut dan salah, berani nyoba, adalah bekal dasar yang diinstal Allah buat anak-anak. Kebayang ngga kalau anak-anak tidak diinstalkan ini? Bakalan pasif anak-anak kita ni.

Kemampuan anak seperti ini mutlak diperlukan, supaya anak berkembang fitrah belajarnya.Tes sederhana buat anak-anak ialah saat masuk ke situasi baru, apakah itu diajak ke tempat nain baru, diajakin ke taman, diajakin ke kantor ayahnya atau diberi mainan baru. Apakah matanya celingukan pengen tau ini itu, atau pengen menjelajah kesana kemari, pencet sana, pencet sini dan sebagainya.

Seperti kemarin, anak-anak sedang diajakin nginep di hotel. Saat masuk hotel komentarnya langsung “Waaaahhhh bagus ya” dan begitu masuk kamar, mulailah eksplorasi anak dimulai. Pencet-pencet lampu, saklar ini nyambung kemana, saklar itu nyambung kemana. Supaya airnya bisa angetnya pas, kerannya diputer ke kanan atau kiri dan sebagainya. Kadang keliatan ‘norak’ sih dalam pandangan orang dewasa, tapi namanya juga anak-anak. Pandangan mereka ngga sama dengan pandangan kita, dan intervensi pandangan negatif kita tentang cara pandang anak malah akan merubuhkan konsep diri anak.

#Tantangan10Hari
#Level9
#ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP
#day8

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s