Belajar Fokus

Nah loh kan bingung mau nulis apaan. Gini nih penyakitnya aku kalau mau nulis, selalu bingung mau nulis apaan. Sampe pas kemaren ngobrol sama salah satu blogger kece, minta tipsnya biar gampang nulis. Ternyata susah ngganya sih gampang tipsnya, yaitu dengan banyak baca dan banyak nulis, udah itu aja. Tapi begitu aku bilang kalo yang lebih sulit itu bikin judul, eh ngga taunya si blogger kece ini bilang sama!

Lho? Kok iso?Banyak baca itu berkorelasi positif terhadap input data di otak kita, jadi makin banyak ide, banyak masukan, banyak pengetahuan baru. Ngga cuma baca aja, banyak ngobrol dan diskusi juga sama efeknya. Misalnya nih baru ngomongin ini eh nyambung kesitu, baru bahas itu bentar ternyata masih ada hubungannya sama yang sana. Jadilah pikiran kita ini bercabang-cabang mirip kaya jaring laba-laba, banyaknya. Nah kalau ditanya kesimpulannya apa malah bingung. Lha wong kalau cerita itu gini “Tadi ya aku ketemu sama bu Parmin lho dijalan, banyak banget belanjaannya. Tapi ditanya mau masak apa malah ngga jawab, jadi bikin penasaran aja deh. Eh tapi ya, yang bikin keren itu justru kepasar bawa babawaan banyak gitu pake motor kok bisa ya? Motornya kaya punyanya pak Erte, berapa sih gaji Erte bisa beli motor gitu? Ngomongin soal Erte jadi keingetan belum ngambil KTP. KTP sekarang udah berlaku seumur idup belum sih? Kayaknya nanti kalau perpanjangan KTP ribet kaya pas bikinnya, males deh kalau ngga seumur idup”.

Pikiran kita (baca: aku itu mah) kadang terlalu bercabang sampai-sampai lupa menyampaikan 1 inti bahasan dan ini yang sering kelupaan dalam pembicaraan atau nulis sehari-hari. Orang bilang sih ini khasnya perempuan, multitasking sampe multi pikiran. Kadang ada bagusnya, tapi seringnya bikin capek. Ada juga yang bilang kalau ini ciri orang kreatif, ngga pernah beres ngerjain suatu hal, saking bertebaran idenya. Makanya mending sedikit-sedikit tapi fokus, daripada banyak tapi ngga ada yang selesai. Setuju?

Tentukan kita mau nulis apa, fokus! Tuliskan diawal paragraf. Ya, itu doank tips dari blogger kece lainnya soal kebingungan nulis ini. Otomatis kita bakalan bisa ngasih judul katanya. Apakah benar? Mari kita coba ditulisan selanjutnya.

#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative
#day7

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s