Mencari Jalan Pulang

Sudah beberapa malam ini terdengar deruman alat berat lewat didepan rumah, sepertinya sedang ada proses pengecoran jalan. Betul saja, Senin lalu tetangga sebelah mengabari bahwa akan ada pengecoran jalan didepan rumah kami, hmm…kemana akses jalan ya kalau begitu?

Sebenarnya proses peningkatan jalan seperti ini sudah pernah sebelumnya, dan tidak terlalu repot karena jalanan langsung bisa dilalui. Kali ini pengecoran jalan 15-20 cm cukup membuat repot karena tidak ada akses jalan terutama kendaraan bermotor untuk lewat sama sekali. Maka dengan ketidakjelasan pengalihan arus ini membuatku, suami dan anak-anak ngungsi sementara kerumah ibu, persis sebelum pengecoran dilakukan.

Tidak seperti di daerah rumah ibu yang akses menuju rumah tuh ada beberapa jalan dan jaraknya ngga terlalu jauh. Dirumahku ini untuk memutar jalan bisa sampai 2-5 km, dan itupun dengan kontur yang naik turun, malkumlah kami tinggal di gunung. Kondisi rumaku ini kalau kearah bawah, baru nemu persimpangan sekitar 300 meter dan kalau kearah atas persimpangannya baru ada sekitar 80 meter. Kebayang kalau yang di cor itu sekitar 100 meter dari perimpangan yang atas? Ngga bisa keluar rumahlah kami ini.

Hari ini setelah ngungsi selama 2 hari dirumah ibu, sudah saatnya kami untuk pulang. Tapi memang untuk memastikan jalannya sudah bisa dilalui atau belum, atau jikapun harus menyimpan kendaraan dijalan, kami sudah tau tempatnya. Hari ini ditemani adik, akupun survey jalan, aprak-aprakan istilahnya. Jalur pertama ialah melalui jalur utama, hanya sedikit lagi nyampe rumah tapi ternyata ngga bisa dilalui. Kemudian mencari jalan lain yang memang belum pernah dilalui, beberapa jalan ternyata punya bentuk yang mirip corong, awalnya jalannya masuk mobil eh makin kedalem kok jadi jalan setapak. Jalan yang lainnya, semakin dicobain lewat kok malah terus kegunung dan menjauhi rumah. Jalan yang lebih dekatpun ada yang walau masuk mobil tapi susah kalau papasan dengan mobil lain.

Alhamdulillah setelah beberapa lama ketemu juga jalan muter untuk sampai kerumah, harus muter sekitar 5km, tapi ngga papalah. Sudah kangen rumah dan Alhamdulillah walaupun jauh tapi ngga susah jika papasan dengan kendaraan lain.

#Tantangan10Hari
#Level9
#day3
#ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s