Menemukan Solusi Kreatif dari Tantangan saat Bermain

Apa sih kreatif itu? Hasil diskusi daru grup bunsay Bandung 2 menyebutkan bahwa kreatif itu ialah:
✅ selalu banyak ide
✅ aktivitas unik
✅ mencipta hal baru
✅ modifikasi dari yang sudah ada
✅ berfikir berbeda

Ada tambahan?

Dari beberapa hal diatas bisa disimpulkan bahwa sebuah kreatifitas itu tidak identik dengan terciptanya sebuah benda unik atau karya seni tinggi. Bisa jadi hanya ide, gagasan atau tambahan terhadap ide atau benda yang sudah ada.

Dalam slide materi 9 bunsay mengenai kreatifitas, paling tidak ada 3 hal yang menggambarkan kreatifitas, yaitu evolusi, sintesis dan revolusi.

IMG-20171030-WA0012
salah 1 slide materi 9 kuliah bunsay IIP

Evolusi ialah dihidupkannya kembali ide yang sudah lama. Kemudian disintesis alias digabungkan 2 hal atau 2 benda menjadi sesuatu yang baru. Bahkan kreatifitas bisa berlanjut ke tahap revolusi, yaitu mencipta hal yang benar-benar baru.

Agak wah begitu ya dengan istilah-istilah ini, seolah-olah kreatifitas ialah sesuatu yang njelimet dan rumit. Padahal sih kalau masuk ke dunia anak, kreatifitas ifu ialah nafas mereka sehari-hari. Seperti 2 hari ini Qai n Rayi bikin tempat peristirahatan ala mereka, dengan menggeser-geser meja dan berbagai perlengkapan lainnya, disulaplah ruang tamu menjadi tepat peristirahatan.

‘permisyiiii…. Didepan ada tempat buat beristirahat, nanti kalau abis jalan2 bisa beristirahat disana’ begitu promosi anak-anak saat menjajakan tempat peristirahatannya😀.
Lengkap dengan buku tamu dan cara masuk dengan menggesek kartu. Kejutannya bukan hanya disana, ternyata setelah menggesek kartu, pintu yang terbuka berada tepat dibawah meja. Yup, masuk ke tempat peristirahatan saja harus ngolong dulu, tipis memang batasan antara istirahat dan halang rintang😂.

Hari ini pun sama, masih seputar tempat peristirahatan. Bedanya ialah, sudah ada renovasi dari bentuknya kemarin. Kali ini sudah ada kasur, lokasinya masih di ruang tamu juga tapi lebih tertutup. Cara masuknya lebih ramah bagi orang yang capek, alias ngga harus ngolong dibawah meja dulu dan masih menggunakan kartu yang digesek.

IMG_20171107_100509
tempat peristirahatan kemarin, cara masuknya dengan menggesek kartu
IMG_20171108_154220
tempat peristirahatan hari ini

Ada sebuah proses berfikir kreatif disini, anak-anak meninjau ulang hasil kreasi mereka dan menemukan solusi dari tantangan yang mereka dapatkan kemarin. Jika kemarin tempat peristirahatan mereka agak sepi karena ternyata wisatawan (baca: bunda) kesulitan masuk lokasi, ditambah lokasinya yang cukup terbuka, maka kali ini tantangan itu terpercahkan. Kakak dan Rayi mengubah tantangan tersebut dan menjadikan tempat peristirahatan yang lebih nyaman.

#Tantangan10Hari
#Level9
#day2
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s