Yeay, kita ke Bosscha!

Setuju ngga kalau hujan itu rejeki? Kalau aku sih iya, bahkan ada malaikat yang tugasnya khusus ngurus turunnya hujan dan menyebarkan rejeki. Tapi kenapa kalau hujan seringnya kita bilang ‘yaaaahhhhh hujaaaaannnnn’?Agak kontradiktif memang kalau ngomongin soal hujan, mau pergi tapi hujan jatohnya males berangkat. Mau jalan-jalan tapi hujan, efeknya mager. Mau kuliah tapi hujan jadinya lemes. Repot kan?

Sama nih, malem ini ada jadwal main ke bosscha liat bintang. Anak-anak udah ngga sabar tapi sedari pagi kok mendung menggelayut manja dilangit. Kadang-kadang aja iseng ngasih harapan palsu dengan bergeser sebentar dan membiarkan matahari bersinar cerah, tapi ngga lama kemudian kembali gelap.

Sorry to say, tapi kalau urusannya liat bintang saat hujan itu emang ngga cocok buat pengamatan, tapi diluar itu sih aku setuju kalau hujan itu berkah. Dari pagi grup kordinasi ke bosscha udah tang ting tung melulu ngasih laporan cuaca.
“Bantim mendung”
“Cimahi cerah”
“PVJ ujan deres”
daaaaaannn….sebagainya.

Agak-agak berharap bahwa nanti malam ngga akan hujan, bukan agak lagi sih emang berharap banget ngga bakalan hujan. Laporan cuaca terus berlanjut sampai menjelang berangkat, bahkan laporan posisi dan kondisi jalan terus menerus dipantau demi jadi atau tidaknya acara jalan-jalan ke bosscha.

Alhamdulillah menjelang sore langit cerah, semobil dengan 3-4 keluarga dan pangku-pangkuan ngga jadi masalah. Kalau hujan itu rejeki, langit cerah rejeki juga donk.
Anak-anak seneng main kesana, mulai dari mendengarkan penjelasan tentang teropong Zeiss yang menjadi ikon Bosscha, yup ini teropong besar yang ada didalan kubah. Teropong lensa ganda ini digunakan untuk penelitian, lensa untuk meneropongnya sudah diberi kamera yang tersambung dengan komputer untuk memudahkan penelitian. Teropong dengan panjang 11 meter ini mempunyai berat sebanyak 5 gajah dewasa, ditempatkan dengan seimbang atas-bawah, kanan-kiri, depan-belakang agar mudah digerakkan dengan 1 jari saja. Bagian lantainya bisa dinaik-turunkan dengan menggunakan remote untuk memudahkan peneliti mengamati bintang.
Bagian kubahnya pun bisa diputar dengan remote juga untuk memberi jalan celah kubah berada di posisi yang dibutuhkan peneliti untuk meneropong bintang. Namun untuk membuka celah kubah masih dengan cara manual, peneliti bisa naik melalui tangga dan membukanya.

Setelah melihat teropong Zeiss, kami diajak melihat film pendek diruang multimedia. Mulai dari alasan kenapa Bosscha ditempatkan disana, dan makin kesini makin banyaknya polusi cahaya, membandingkan ukuran planet, bintang dan posisi galaksi di alam semesta, sampai dengan adanya bosscha tandingan.
Hah? Bosscha tandingan? Maksudnya?
Polusi cahaya yang udah pada tahap mengkhawatirkan kini membuat peneliti resah, akhirnya setelah kampanye selamatkan bosscha tidak terlalu berhasil, kini ada teropong yang Insya Allah terbesar se AsiaTenggara disiapkan di Nusa tenggara Barat, kemungkinan rampung pembuarannya 2019. Teropong ini nantinya akan online dengan Bosscha Lembang sehingga penelitian tetap bisa dilakukan dari Bandung.

Teropong Zeiss tidak bisa digunakan untuk pengamatan diluar penelitian, maka pengamatan langsung dilakukan dengan menggunakan teropong lain. Kami diajak meliat bulan, saturnus dan kumpulan bintang. Qai mendulukan ngantri daripada sholat Maghrib, puas katanya bisa liat awal-awal setelah itu Qai baru sholat dengan teman-temannya. Buat Rayi sendiri, dia lebih senang dengan mainan senter, liat bulan tanpa teropong buat Rayi sudah cukup.

Pengalaman teman-teman yang lain justru lebih unik, sebelum ke Bosscha mereka nonton ‘Petualangan Sherina’ dulu untuk memperkenalkan Bosscha. Ide bagus juga nih buat ngajak anak-anak nonton setelahnya.

Alhamdulillah semuanya senang, kalau udah rejeki liat langit cerah mah ngga akan kemana.

#day9
#Tantangan10Hari
#CerdasFinansial


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s