Belajar menyempurnakan ikhtiar

Rabu pagi adalah jadwalnya Qai pramuka, namun tidak seperti biasanya yang latihan di taman Lansia kali ini pramukanya berkunjung ke kantor pemadam kebakaran. Anak-anak udah ngga sabar main ke damkar, mengingat kunjungan beberapa waktu lalu kesana sangat berkesan bagi mereka, yaitu naik mobil damkar keliling 1 blok dan main air.

Tidak ada persiapan spesial yang harus dibawa atau dipakai saat kunjungan, tambahan dari perlengkapan yang harus dibawa hanyalah baju ganti saja.
Pagi-pagi anak-anak masih santai, ditambah cuaca yang mendung jadi malah bikin tambah mager. Biasanya sih cuma aku tanya ‘persiapan sudah dibawa semua?’ dan jawabannya biasanya ‘sudah’.
Giliran aku data ulang barang-barang apa saja yang harus dibawa jawabannya ‘oh iya lupa’.

Buatku sih ngga masalah anak-anak masih banyak yang lupanya, yang bikin jadi agak greget karena ini jadi seperti kebiasaan.

Seperti pagi ini, giliran bekel minum yang belum siap Qai hanya menyiapkan botolnya dan tidak mengisi airnya ke botol. Alasannya ialah air di penampung airnya kosong, padahal sebenarnya bisa Qai isi airnya, ditunggu sebentar dan air hasil tampungannya bisa dimasukkan kedalam botol minumnya.

Aha! Bisa jadi bahan diskusi nih.

‘Kak, menurut kakak bisa ngga air di penampungan air keisi sendiri tanpa harus diisi?’
‘Ngga’
‘Kalau ngga, kenapa atuh ngga diisi?’
‘Kan bunda yang tugasnya ngisi’
‘Yang butuh bekel minum kakak atau bunda?’
‘Kakak’
‘Jadi tugas ngisi airnya tugas siapa?’
‘Kakak’
‘Ya sudah disiapkan kalau gitu’

Anak-anak perlu belajar ikhtiar, bahwa ada rejeki karena Allah sudah tetapkan dan ada rejeki yang Allah berikan sesuai dengan kadar usaha atau ikhtiar hambanya.

Diluar urusan perbekalan ternyata hari ini dapat rejeki tambahan berupa hujan. Selepas pembekalan pengetahuan tentang simulasi penanganan kebakaran oleh tim damkar dilakukan, anak-anak diajak untuk main hujan-hujanan plus disemprot air pula. Rejeki main serulah buat anak-anak.

 

#day8
#Tantangan10Hari
#CerdasFinansial
#KuliahBunsayIIP

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s