Menuliskan Jurnal Keuangan Anak

Sebagai ibu urusan keuangan biasanya sangat hati-hati, jangan sampe keinginan kita ngga kesampean nih kalo ngga pinter-pinter ngelola uang. #eehh…

Yakin bu keinginan? Keinginan apa kebutuhan dulu?

Ngga anak kecil ngga orang dewasa kadang ada aja hal-hal yang bikin kita nih susah bedain antara keinginan dan kebutuhan. Beda tipis lah antara susah bedain dengan mempertahankan hasrat belanja. #Emakngaku.

Bukan berarti hal semacam ini ngga bisa dibiasakan sejak kecil terlebih ketika si kakak mulai belajar mengelola keuangannya per minggu. Kakak diberi uang mingguan 20 ribu, uang itu dibagi menjadi 3 pos yaitu pos tabungan, pos sedekah dan pos uang sehari-hari. Sengaja aku tuliskan pos uang sehari-hari, karena jarang sekali kakak pakai buat jajan. Jika pembagian pos-pos ini tanpa protes dari kakak, lain lagi dengan penulisannya.

Menuliskan dalam jurnal keuangan buat Qai itu makan waktu lama, dan Qai ngga terlalu suka menuliskannya, maka ini dilakukan hanya seminggu sekali tepat diujung minggu.

Minggu pagi yang cerah ini keinginan Qai untuk main sedikit tertunda karena harus menuliskan jurnal keuangannya. Hampir sejam Qai berputar-putar menghitung ini dan itu, menyamakan antara data dan uang realnya. Sempet manyun juga sih pas lagi ngerjain, karena ini pertama kalinya menulis jurnal keuangannya bersama ayah. Beda coach beda caranya, jika sama aku Qai lebih santai, tapi kalau sama ayahnya agak sedikit keras. Tapi toh akhirnya selesai juga, kadang kasian juga kalau qai manyun tapi kan ngga setiap waktu qai bisa ngisi jurnal keuangannya bareng aku. Ah ya sudahlah!

#day6
#Tantangan10Hari
#CerdasFinansial

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s