Kebablasan Cemilan

Dilema ya kalau anak susah makan, efeknya biasnya ibu-ibu keukeuh dengan segala cara bikin anaknya makan. Mulai dari bikin menu yang beragam, jenis makanan yang macem-macem, dibikin bentuk yang lucu-lucu, diperbanyak susu dan vitamin, atau bahkan kaya aku, nyiapin cemilan supaya anak makan. Repotnya ialah kalau udah keseringan nyemil, mau si anak perlu ngga perlu tetep aja minta cemilan.

Soal cemilan ini sempet bikin puyeng emak karena minta jajan melulu. Awalnya nih Rayi yang belum genap 4 tahun suka sekali ngambil ini itu di supermarket tanpa memperhitungkan jumlah dan banyaknya uang yang harus keluar, yaiyalah ya belum waktunya juga sih. Kemudian makin lama terlihat bahwa Rayi ini cuma senang sesaat ketika belanja. Kadang banyak juga cemilan yang lupa begitu saja saat sampai rumah. Hanya beberapa cemilan yang rayi ingat, selebihnya bablas lupa. Lama kelamaan, dicoba juga nih dengan membatasi jumlah barang atau membatasi jumlah uang yang akan dibelanjakan, dan ternyata hasilnya cukup berhasil. Rayi cukup bisa menerima jika dibilang ‘hanya 2 jenis barang ya’ atau ‘2000 aja ya’.

Ternyata dengan hasil sekian kadang masih juga nagih cemilan, maka terlontarlah ide 5000/minggu untuk uang saku Rayi. Awalnya Rayi bingung, tapi setelah dijelaskan Rayi setuju, kalau belum waktunya dapat uang saku maka mau ngga mau ya ngga ada jajan. Hampir 3 hari ini ide tersebut mengendap untuk melihat pola jajan Rayi, sepertinya kurang cocok dengan Rayi. Bahkan dengan pola makan yang kadang banyak kadang dikit Rayi ngga minta cemilan lagi. Efek ngga ditanggapin kali ya kalau minta cemilan.

PR selanjutnya ialah gimana caranya sekarang menyediakan makanan sehat yang bikin anak-anak betah dengan masakan rumahan alih-alih jajan. PR emak pun bertambah…

#Tantangan10Hari
#day3
#cerdasfinansial
#KuliahBunsayIIP


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s