Anakku Berbakat Kompetisi!

Anakku berbakat kompetisi!
Agak dhuer sebenarnya ketika sadar ini. Karena baik aku atau suami sama-sama ngga suka berkompetisi.

IMG_20170817_162544
Qai lagi lomba bawa kelereng dengan sendok

Awalnya saat Qai berusia 2 tahun ayahnya selalu mengajak Qai kompetisi-kompetisian dirumah. Pacepet-cepet lari lah, pacepet-cepet ganti baju,  padulu-dulu makan dan sebagainya. Belum saatnya memang, karena fakir ilmu akhirnya hanya menambah daftar dosa kami ke anak.

Niat awalnya ialah untuk memotivasi Qai supaya lebih gesit namun menginjak 3 tahun Qai mulai muncul sifat ego nya,  Qai ngga mau kalah! Qai selalu ngambek saat kalah dan kami sadar bahwa kami salah strategi.
Kemudian kami stop segala bentuk kompetisi di rumah dan kami ganti dengan kerjasama.
Setelah sekian lama setiap kali ada lomba yang diadakan dari sekolah sebelumnya,  terlepas Qai diikutsertakan atau daftar sendiri, Qai selalu pengen ikut ngga peduli ada temen atau ngga.
Selama seminggu kebelakang ini terlihat sekali bakat kompetisi nya Qai. Ikutan lomba 17-an di berbagai tempat,  dengan teman-teman yang berbeda. Bahkan dirumah pun sering meminta tantangan. Seperti hari ini saat aku tawarkan makan siang.
“Bunda bikinin makanan kalau kakak gimana bun? “
“Ngga gimana-gimana,  ya bikin makanan aja”
“Ngga,  bunda kasih kakak tantangan gitu”
“Kakak mau bunda kasih tantangan? “
“Iya”
“Hmm… oke tantangannya ialah bikin menara ya,  baloknya bagi 2 sama rata sama Rayi trus bikin menara”
“Okey bun”
Dan benar saja saat aku kembali dengan makan siang Rayi berhasil dengan 3 menara pendek dengan warna yang sama,  sementara Qai dengan 1 menara pelangi  tinggi.
Rayi belum menunjukkan bakat kompetisi walaupun selalu ingin lebih dulu jika sedang main.  Saat ini masih kami pahami bahwa itu masuk dalam ranah egosentris nya mengingat usianya yang belum 4 tahun.
Kecintaannya pada mobil membuat semua aktivitas bermuara pada mobil. Membentuk pola geometri dengan menggunakan mobil,  menulis garis dengan latar cerita jalanan,  jalan lurus,  jalan berkelok,  turunan tajam dan sebagainya.
#Tantangan10Hari
#TantanganHariKe7
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaBintang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s