NHW 8: Bunda sebagai agen perubahan

BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa meneyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Ibu sebagai agen perubahan, terdengar berat ya bahasanya? Jika posisi kita saat ini adalah sebagai seorang ibu, apa perubahan yang akan kita buat? Jawabannya tentu bermacam-macam, atau bahkan justru bingung karena merasa tak ada yang bisa atau mampu kita ubah.

Butuh beberapa minggu sampai akhirnya aku menemukan bahwa ranah perubahan diluar (sosial, masyarakat, publik) bukanlah ranahku atau paling tidak bertahap untuk saat ini. Agen perubahan, isu sosial dan keresahan dalam masyarakat yang kita pikirkan serta upaya nyata mengubah itu semua yang terpampang dalam catatan teman-teman sekelas matrikulasi benar-benar mengagumkan. Hanya saja aku harus berdamai bahwa aku belum bisa seperti teman-teman semua, semua keresahan itu berada disini, dihati kami, di keluarga kami.

Keresahan sosial dan ide sosial kami terkumpul dirumah, bagaimana menjadi keluarga yang santai, tau aturan, taat ibadah, tidak menjadi penghalang bagi orang lain dan senang berbagi. That’s it!

Minat hobi dan ketertarikan Softskill & hardskill Isu Sosial Masyarakat Ide Sosial
Keluarga, anak-anak Ideation: menciptakan ide-ide yang berkaitan dengan hal-hal yang sedang dikerjakan

 

Communication: mengungkapkan ide dan gagasan dengan cara yang mudah dipahami

 

Networking: bekerjasama dalam menciptakan kegiatan yang menyenangkan

 

Crafting: membuat prakarya sederhana

Masih terlihat anak-anak yang tak diperkenalkan dengan adab, kesopanan, aturan dan ‘ngga ada kerjaan’ Adanya pengaruh pengasuhan yang kurang tepat yang menjadikan anak-anak mempunyai nilai (belief system) yang kurang sesuai dengan norma yang berlaku Menjadikan pendidikan dalam keluarga sebagai sarana perubahan tersebut.

 

Membuat rumah nyaman anak dengan membebaskan anak berkreasi dan mengungkapkan pemikirannya masing-masing

 

Mulai membuka rumah untuk kegiatan parenting, keluarga dan komunitas, bagian dari mengaktivasi peran keluarga untuk sosial.

 

#ODOPfor99days

#day116

#MatrikulasiBatch1

#NHW7

#InstitutIbuProfesional

#GoesToProfessionalMother

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s