NHW 3.2: Kurikulum yang anak-anak gue banget

Allah memasangkan pria yang baik dengan wanita yang baik, begitu juga sebaliknya, tapi tak pernah ada catatan anak yang seperti apa yang akan dititipkan dalam rahim seorang wanita. Anak yang bagaimana yang akan dititipkan dalam kehidupan pasangan suami-istri? Dalam keluarga kami, ada beberapa nilai yang kami kedepankan sebagai bekal menjalankan amanah Allah atas anak-anak yang dititipkan. Ini adalah hasil dari NHW3.2

Diambil dengan Lumia Selfie
Diambil dengan Lumia Selfie
  1. Iman: penting bagi kami menumbuhkan iman untuk anak-anak. Mengenalkan Rabbnya semenjak sejak berada dalam kandungan, Tiada Illah selain Allah, tidak menyekutukan Allah.
  2. Akhlak: merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter anak dan sebaik-baiknya akhlak adalah akhlak Rasulullah. Meneladani Rasul bisa dibilang tugas yang berat, karena bahkan ketika kami menerapkan ini, akhlak kami pun belum mendekati Rasul. Pengenalan akhlak Rasul kami kenalkan selain dengan sikap juga dengan bercerita.
  3. Berbagi: kebermanfaatan seseorang didunia ini bisa dilihat dari karyanya, baik dalam bentuk amal jariyah, ilmu dan anak yang sholeh. Anak-anak banyak diajarkan berbagi seperti menebar kegembiraan dengan anak-anak lain ketika bermain bahkan berbagi senyuman dengan orang-orang sekitar, berbagi cerita setiap harinya dan juga dengan mengisi kencleng shodaqoh. Bahkan berbagi dengan makhluk Allah lainnya seperti berbagi makanan dengan tikus atau cacing.
  4. Amanah: adalah hal yang ringan diucapkan namun sulit ditunaikan. Amanah pula yang membangun karakter kuat menajdi seseorang yang tangguh. Amanah berarti menepati janji, kami berusaha menepati janji-janji kami kepada anak-anak, dan juga mengingatkan anak akan komitmen-komitmennya seputar tugas dan perilaku sehari-hari.
  5. Sederhana: berarti tidak berlebihan, tidak pamer, sewajarnya.
  6. Bersyukur: ketika kita bersyukur maka akan Allah tambahkan nikmat-Nya. Anak-anak belajar bersyukur untuk hal yang menyenangkan dan tak menyenangkan, ketika jatuh pun masih tetap Alhamdulillah.

Qaireen dan Rayi bertumbuh menjadi anak-anak yang luar biasa. Sedikit portofolio anak-anak bisa dilihat di mini portofolio Qai dan mini portofolio Rayi beserta kurikulum yang berjalan di keluarga kami.

#ODOPfor99days

#day106

#MatrikulasiBatch1

#NHW3.2

#InstitutIbuProfesional

#GoesToProfessionalMother

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s