NHW 2: Menyelami hati dan jatuh cinta kembali

NICE HOMEWORK #2
a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki “alasan kuat” bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.
Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami
Cukup mellow aku bikin surat ini, kemarin-kemarin bahkan sempet buka-buka lagi surat dari suami dan itu bikin nangis bahkan aku nulis surat ini sambil nangis juga. Jawaban beliau di WA beliau bilang ‘co cweet cayank, I Love U’ dan ketika pulang kantor beliau bilang terharu dan berkaca-kaca.
b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan kekuatan potensi dari mereka, siasati kelemahan masing-masing.
Qaireen Nazura Sheena lahir setahun setelah kami menikah. Saat ini usianya 6,5 tahun. Dia adalah anak yang sangat cerdas, perangainya halus dan lembut. Sangat mudah bergaul dan termasuk anak yang ceria. Sangat menyenangi menggambar dan tampil didepan umum. Anak yang bertanggung jawab dan mandiri. Baginya semua orang itu baik, dia tak pernah memendam kekesalan. Qai bisa memanfaatkan apapun yang ada disekitarnya untuk dijadikan mainan,dia bisa menjadikan hari yang sangat membosankan sekalipun jadi hari yang menyenangkan. Qai sangat senang mendengarkan cerita, dia bisa ingat cerita bundanya walaupun itu cerita ngarang yang bundanya juga sudah lupa ceritaya tentang apa. Qai adalah anak yang senang bercerita, terlebih ketika dia mulai bisa membaca buku, dia sering membacakan cerita untuk adiknya, bahkan untuk bundanya, ayahnya dan yangtinya. Qai bisa menceritakan kembali isi ceritanya dengan caranya sendiri dan bisa dibilang sebagian besar isi ceritanya tepat. Qai juga senang sekali menganalisa, dia mampu menebak pimpinan proyek pergantian trafo gardu listrik hanya dengan pengamatan sekilas, dia mampu menganalisa kenapa terjadi kemacetan dan sebagainya. Qai adalah anak yang kreatif, ketika dalam perjalanan jauh dan ngga nyampe-nyampe juga, alih-alih bertanya kapan nyampenya Qai akan bertanya ‘sekarang udah dimana?’ Setelah kota ini kota apa? kenapa kita ngga ngelewatin jalan yang disana dan sebagainya. Rasa ingin tahunya besar, jadi kami sering sekali ditanya istilah-istilah yang asing menurut Qai. Saat ini Qai baru akan memulai lagi les berenangnya untuk melatih kekuatan otot dan fokusnya.
Rayi terpaut 4tahun dari kakaknya,saat ini dia berusia 2,5 tahun. Sejak dari dalam kandungan Rayi adalah anak yang kuat dan itu kenapa kami memberinya nama Rajendra yang berati kuat. Kekuatannya terbukti sampai sekarang, dia bisa sangat kuat mempertahankan keinginannya. Perlu cara diplomatis jika ingin berunding dengannya, itupun dengan tarik ulur yang cukup memakan waktu. Rayi adalah penyuka mobil tingkat berat, sejak 2 bulan lalu kira-kira Rayi sudah hafal dengan nama jenis-jenis mobil, tahu bedanya mobil baru dan mobil lama walaupun dari jenis yang sama. Meskipun dalam pengucapan kata-katanya belum jelas namun dalam beberapa bulan ini kemampuan berceritanya berkembang pesat. Dari mulai ikan ijo ketemu sama ikan biru main kerumah ikan pink sampai sekarang Rayi sudah bisa cerita mobil fortuner warna hitam bisa beroda empat bisa dinaiki olehnya beserta ayah, bunda dan kakak buat jalan-jalan. Jika melihat tabel tumbuh kembang anak usia 30 bulan, Rayi sudah melebihi itu. Saat ini yang sedang dipelajari Rayi adalah cara memetik jari, membuat 2 jari, mengacungkan jempol dan juga sedang melatih pengendalian diri, kami bantu Rayi untuk mengenali perasaannya dan menyalurkan dengan cara yang lebih baik.
c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, memgapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.
Aku adalah orang yang sangat menyayangi keluarga, seorang ibu yang ingin bisa bersama suami membangun dan membersamai anak-anak berkembang dan bertumbuh sesuai dengan fitrah bakat anak-anak. Aku orang yang senang ngobrol hal itu aku jadikan modal bercerita dan memberikan nilai-nilai yang bermanfaat bagi anak-anak. Walaupun ngga sering tapi aku berusaha membuat sesuatu kerajinan bersama anak-anak. Suami selalu memuji hasil kerajinan kami dan mendorongku untuk selalu berkarya baik dengan kerajinan tangan atau dengan menulis. Aku adalah orang yang terbuka dengan ilmu-ilmu baru, suamiku paham sekali aku tak suka jika harus menempuh jalur pendidikan umum lagi, maka beliau banyak memberiku peluang untuk banyak belajar dan berkumpul dengan sesama pembelajar.
d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? kearifan lokal apa yg anda lihat? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?
Lingkungan tempat tinggal kami adalah lingkungan yang multikultural. Bertetangga dengan berbagai macam karakter orang banyak mengajarkan kami tentang kesabaran, ikhlas, memaafkan, serta habluminannaas. Saat ini kami belum siap untuk sampai pada tahap perubahan keluar. Kami  masih dalam tahap membenahi diri dan keluarga. Apa yang berasal dari hati akan sampai ke hati.
e. Setelah menjawab pertanyaan a-d, sekarang belajarlah memahami apa sebenarnya “peran spesifik keluarga” anda di muka bumi ini.
Peran spesifik keluarga kami adalah sebagai Konselor Intern Keluarga, berkembang dan bertumbuh bersama anak-anak, menguatkan keluarga.
#ODOPfor99days
#day98
#NHW2
#InstitutIbuProfesional
#GoesToProfessionalMother

#MatrikulasiBatch1

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s