Toilet Training ala Rayi

Sudah hampir 2 minggu ini aku memulai toilet training untuk Rayi. Agak terlambat memang mengingat usianya yang akhir bulan ini menginjak 2,5 tahun. Tidak ada alasan khusus kenapa aku baru memulainya sekarang, semata-mata karena aku mendadak jadi ibu yang males keompolan.

Seringnya pulang-pergi setiap hari sering dijadikan alasan toilet training tak juga dilaksanakan, ngga mau repot deh pokoknya. Beda dengan ketika anak pertama yang idealismenya sangat tinggi, 1,5 tahun saja sudah lepas popok. Bela-belain nyari toilet kalo anak udah kebelet. Memang sih sebagai orangtua aku juga melihat kesiapan anak, terlalu subjektif memang kalau aku bilang diumur yang sama Rayi belum terlihat siap toilet training. Tapi ngga ada yang salah selama itu masih nyaman untuk anak dan orangtua dalam koridor tertentu.

Tak jauh berbeda dengan kakaknya, aku menjadwalkan waktu ke toilet untuk Rayi. Secara umum setelah bangun tidur, sebelum tidur, sebelum bepergian dan setiap 2 jam dari jadwal terakhir dia ke toilet. Hanya beberapa kali saja Rayi ngompol, biasanya itu ketika aku terlalu fokus dengan urusan kerjaan domestik sampai terlewat jadwal ke toiletnya. Selama tidur aku belum pernah menjumpainya ngompol, kecuali sekali ketika tidur siang, itupun karena Rayi ketiduran jadi belum sempat ke toilet sebelumnya.

Aku bukan termasuk ibu-ibu yang apik menyiapkan bintang sebagai ‘nilai’ prestasi untuk anak-anak, jadi semua kegiatan dan prestasi rumahan diapresiasi dengan wajar. Bukan berarti wajar ngga ada pujian, tetap ada pujian dan pelukan pastinya. Alhamdulillah sederhana seperti itu juga sudah berhasil. Tapi PR masih panjang, masih banyak hari untuk memasuki tahap bilang kalau mau buang air. Semangaaaatt ^^

Ayo Rayi pasti bisaaaa…

#ODOPfor99days

#day70

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s