Banjir Bandung Selatan

Musin hujan gini biasanya daerah Bandung Selatan banjir, bahkan kalau disana ngga hujan pun tapi didaerah Bandung kota hujan, pasti Bale Endah, Dayeuh Kolot dan sekitarnya yang kena imbasnya. Memang daerah itu adalah titik terendah dan tempat berkumpulnya air, yang memang sudah seharusnya tidak dijadikan tempat tinggal. Entah kenapa masih banyak orang juga yang memilih tinggal disana.

Jika menilik dari namanya Bale Endah yang berarti rumah yang indah serta Dayeuh Kolot yang berarti ibukota lama, pasti meninggalkan kenangan akan kota yang indah. memang sebelumnya daerah tersebut adalah ibukota kabupaten Bandung lama yang kemudian pada tahun 1800-an dipindahkan ke pusat kota Bandung sekarang oleh Bupati Bandung karena alasan banjir.

Perpindahan-Pusat-Pemerintahan-Bandung-Ke-Alun-alun
sumber http://www.bersosial.com

Kadang muncul rasa apatis dengan kondisi yang sudah bertahun-tahun dialami warga Bandung Selatan ini, rasanya pengen bilang ‘kan udah tau sering kebanjiran, napa ngga pindah aja sih? Ngumpulin uang untuk pindahan bisa kali dicicil sehari-hari’. Tapi ya gimana lagi da itu mah udah pilihan mereka. Pasti ada alasan tidak mau pindah selain dari alasan tidak ada biaya, bisa karena alasan historis, atau alasan dekat dengan tempat kerja atau alasan lainnya.

IMG-20160314-WA0021

Ngga mungkinlah kalau liat banjir seperti itu ngga muncul rasa sedih, liat keluarga boncengan hujan-hujanan aja mewek apalagi liat ratusan keluarga yang kebanjiran? Belum kalau liat orang tua yang harus dievakuasi atau bayi-bayi yang nangis, atau ibu hamil yang mendadak melahirkan sementara banjir menghadang.

Yang bikin tambah sedih ketika banyak temen yang bisa bantu langsung ke lokasi, ngasi bantuan tenaga sementara aku disini ngasi bantuan dana aja minim. Mereka bisa all out memberi buat orang lain, ngga segan repot walaupun bawa bayi kesana kemari. Ngga ada kendaraan pribadi ngga papa, bisa pake umum. Semua bahaya dan resiko bisa mereka terjang demi alasan kemanusiaan. Kordinasi sana-sini dengan pihak-pihak terpercaya dan selalu apdet dengan kondisi terkini itu keren, sekaligus bikin iri. Ini bukan tentang ingin dinilai ‘sangat sosial’ sama orang lain, tapi rasanya semua kesedihan ini hanya bisa terpuaskan ketika kita bisa berbuat nyata.

Sementara aku? Buat bawa 2 anak buat main seru-seruan aja bingung kalau ngga sama suami. Jangankan 2, waktu si sulung masi setahunan aja mau ngangkot sendiri aja repot, ditinggal sama suami dines juga lebih milih ngungsi kerumah ibu. Ketika ngehadapin bencana kaya gini, bisa banget ngeles dengan alasan ngga ada yang jagain anak-anak untuk ngga terjun langsung ke daerah bencana, walaupun memang bukan ranah kerja/tugas utama aku juga sih, tapi kok kayanya lemah sekali ya?

Akang tahu aku sejak dulu adalah orang yang memiliki rasa empati yang tinggi, bisa dengan gampangnya memberikan bantuan apapun tanpa mikir bantuannya akan optimal ngga dipergunakan? Bantuannya akan sampai ngga? Bantuannya akan bermanfaat ngga? Jika bantuannya berupa tenaga, bakalan berguna ngga? Apa benar bisa meringankan beban mereka? Atau kita dapet capeknya aja? Ngaruh ngga kalau kita kesana/ ngga kesana?

Tapi mungkin perasaan impulsif sepeti ini yang coba di rem ma Akang. Bukan tidak boleh, tapi Akang mungkin sudah tahu bakat impulsifku mengenai hal-hal berbau sosial kemanusiaan bukan tidak mungkin akan jadi bumerang jika tak di rem. Akan mudah bagiku bergerak bersama aktivis lain dan menumpulkan tanggung jawab utamaku sebagai istri dan ibu. Pada akhirnya bajir kali ini menjadi satu pembelajaran lagi, belajar cermat menjadikan keimpulsifanku sebagai sarana membantu orang-orang di Baleendah dengan cara yang lebih nyaman bukan hanya untuk kepuasan batin sendiri tapi juga untuk anak-anak dan suami.

#ODOPfor99days

#day52

Advertisements

One thought on “Banjir Bandung Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s