Belajar Enterpreneur sejak Dini

Belajar enterpreneur sejak dini, perlukah?

Enterpreneur atau wirausaha tentu identik dengan proses jual-beli, menawarkan barang dan jasa, dan juga uang. Setuju?

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa enterpreneur itu adalah bakat, kalau orang tuanya dagang, hampir bisa dipastikan anaknya juga doyan dagang. Tapi apa itu betul?

basabasi

Psikolog Elizabeth Santosa dalam acara Basa-basi Trans TV pagi tadi mengungkapkan bahwa enterpreneur itu adalah hasil didikan, bukan bakat! Enterpreneur itu tidak bisa instan, maka harus dilatih. Tak hanya pedagang saja yang membutuhkan karakter enterpreneur, bahkan orang dalam ranah kerja yang berbeda juga membutuhkannya.

Pelatihan karakter enterpreneur bisa dilakukan oleh pihak sekolah lanjut lulusan magister psikologi Universitas Tarumanegara ini, dan orangtua sebagai motivatornya. Orangtua perlu jeli membaca anak dan menerapkan pola asuh yang tepat untuk membentuk karakter enterpreneur. Lalu apa saja karakter enterpreneur apa saja yang perlu orang tua tumbuhkan? Paling tidak ada 3 karakter dasar ujar psikolog masalah anak dan remaja yang biasa disapa Lizzy ini:

  1. Kreatif dan inovatif, Lizzy mencontohkan bahwa munculnya transportasi berbasis aplikasi merupakan solusi kreatif akan ketidaknyamanan angkutan umum. Bahkan dalam perspektif lain, penyewaan perahu karet saat banjir juga bisa dijadikan contoh krativitas, alih-alih protes tanpa bisa berbuat apa-apa. Orangtua bisa mulai membiarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri, tidak terlalu banyak membantu, membiarkan anak mencari jawaban dengan cara bertanya pada orang lain, dan sebagainya
  2. Goal setting, orangtua bisa membantu anak dengan bersama-sama memecah target menjadi langkah-langkah kecil yang mudah dikerjakan anak.
  3. Daya tahan kuat, ketika anak menghadapi tantangan, anak akan menjadi lebih kuat, jadi pemecah masalah, sekaligus being resourcefull. Anak tidak akan berlindung dibalik ketiadaan alat, bahan atau keadaan yang ideal, mereka akan tetap berjalan menghadapi masalah-masalahnya. Anak dengan daya tahan kuat tidak akan menjadi pengekor, mereka akan terus maju menggapai mimpinya.

#ODOPfor99days

#day44

Advertisements

One thought on “Belajar Enterpreneur sejak Dini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s