Refleksi 33 hari menulis

Refleksi 33 hari menulis…

Menulis dan membaca itu satu paket, karena jika membaca tanpa menulis ibarat gelas kepenuhan air, terus menerus mengisi gelas sampai luber. Sedangkan menulis tanpa membaca itu ibarat meminum dari gelas kosong, kan akan terpuaskan dahaga karena tak ada yang diminum.

Membaca tak hanya terbatas pada buku, bisa membaca status, membaca situasi, membaca perasaan dan sebagainya. Banyak hal yang bisa dituangkan setelah membaca, salah satunya dengan mengikuti ODOP. Melatih diri menjadi kreatif menulis, bebas menuliskan apa saja dan dengan cara seperti apa, dan juga melatih diri disiplin menulis. Awalnya berat, menyiapkan tulisan beberapa buah untuk beberapa hari kedepan sampai akhirnya pagi bikin, siang tayang.

Hal yang menyenangkan ialah ketika tulisan yang kita buat mendapat apresiasi dan bermanfaat bagi orang. Pada awalnya menulis dan mendapat like atau comment itu sesuatu yang ditunggu, paling ngga view nya ada. Namun sekarang itu bukan menjadi soal, berbagi itu menyenangkan, bermanfaat bagi orang lain itu poin plus. PR nya sekarang juga nambah, bukan diharuskan tapi seperti menjadi tugas sosial ketika sudah ‘sedikit’ menjadi kebiasaan untuk bisa memberikan tulisan yang bermanfaat, paling tidak bermanfaat buatku (lhaaa…gimana sih?)

Beberapa kali keteteran menulis karena sedang menurun kondisi tubuh, atau karena sedang banyak pikiran juga pernah kualami, namun show must go on. Kadang tulisannya jadi belibet, kadang ngga runut, tapi ya sudahlah namanya juga proses. Yang menyenangkan dari proses ini adalah, kita tidak dihakimi. Silakan belajar dan mengukur diri sendiri, dan itu juga yang dibutuhkan untuk menjadi seseorang kuat dengan bidang yang di tekuninya.

#ODOPfor99day

#day33

#refleksi33hari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s