Jalur Utara yang Dirindukan

Aku suka berandai-andai, andaikan rumahku direnov seperti ini, andaikan rumahku sekomplek sama ibu, andaikan rumah yang disebelah rumah ibu dijual ke aku, andaikan…

Sebenarnya sih bukan aku tidak bersyukur atas anugerah rumah yang sudah dengan cantik diberikan suami, masalahnya adalah macet. Jalan nya sih sebenernya lurus-lurus aja, tapi bisa sejam kalo macet hanya untuk nyampe rumah ibu. Buatku sih rumah ibu itu sangat strategis, ngga jauh-jauh amat dari pusat kota tapi juga ngga rame teuing kaya dikota, kelemahannya adalah wilayah rumah ibu masih kabupaten yang cuma berjaran beberapa meter dari batas kota. Dan mengurus administrasi kabupaten tea butuh ke Soreang. Greget!

Ada 2 jalan utama menuju rumahku di Cilengkrang, pertama melewati jalan AH. Nasution yang kedua melalui by pass Soekarno-Hatta. Khusus jalan Soetta ngga pernah aku lewati kalau kerumah ibu karena terlalu muter, seringnya lewat jalur pertama atau jalur antapani-arcmanik-cisaranten jika terpaksa.

Nah kembali aku berandai-andai, andaikan ada jalur utara yang menghubungkan rumahku dengan rumah ibu melalui kaki bukit Cimenyan-Manglayang. Sebenarnya wacana jalur utara ini sudah aku dengar sejak kuliah di Jatinangor, namun sampai sekarang belum ada juga jalur utara ini. Akhirnya beberapa waktu lalu aku, suami dan anak-anak mencoba mencari jalan tembus di sekitar rumah untuk bisa berkendara lebih cepat tanpa terjebak macet.

Hasilnya adalah wwwooowww….aku terkagum-kagum sendiri dengan pemandangan yang aku temui. Masih bisa mengalahkan peribahasa ‘Bandung heurin ku nangtung.’ Masih banyak sawah, kebun, peternakan sapi dan bahkan perumahan baru yang berjarak 5 km dari jalan utama. Misiku menemukan jalur utara ini berhasil? Hmm….tak bisa dibilang berhasil 100% sih tapi cukup terobati dengan pemandangan yang ada. Belum bisa juga dijadikan alternatif jalan apalagi dengan menggunakan mobil, walaupun sudah bagus jalannya namun masih sempit.

Tanpa ada maksud untuk mengubah KBU, semoga ada alternatif jalan yang ngga macet.

#ODOPfor99days

#day33

 

Leave a Reply

