Menjaga tubuh, bagian dari amanah Allah

Bukhari dan Muslim dari Abdullah ibn Umar:

”Sesungguhnya tubuhmu mempunyai hak yang harus kamu penuhi”.

Pelajaran pagi ini adalah jangan dzolim sama tubuh! Tubuh kita juga merupakan amanah Allah, jadi harus dirawat agar tetap sehat. Tak hanya sekedar merawat tubuh seperti perawatan ke salon, atau merawat tubuh agar punya tubuh aduhai, namun ternyaya merawat tubuh adalah tentang merawat komponen-komponennya. Tubuh kita ini terdapat 3 komponen, akal, jasad dan ruh.

Akal dijaga oleh ilmu, kita akan tetap berakal jika kita punya ilmu. Namun ilmu juga mempunyai hak, hak untuk dicari, hak untuk di terima, hak untuk di amalkan dan hak untuk diajarkan. Tak ada manusia yang akan terbebani dengan ilmu, karena semakin kita berbagi ilmu, semakin kita menambah ilmu.

Jasad dikawal oleh makanan dan olah raga. Menjaga makan akan membuat tubuh lebih sehat, bukan berarti dominan salah satu jenis makanan saja seperti yang saat ini sedang trend. Allah menciptakan beragam jenis makanan, beragam jenis rasa makanan bukan tanpa maksud. Ngga perlu anti dengan jenis makanan atau rasa tertentu karena takut gendut misalnya, yang penting jangan berlebihan. Olah raga, ini yang biasanya bikin muales buanget, udah dijadwal-jadwal pada akhirnya ngga juga dikerjain. Tapi olahraga tetep penting, mau tetep sehat di masa tua? ya olah raga, bismillahi paksakeun! Bukan dalam artian memaksa kita olah raga berat, tapi rutin berolah raga itu lebih baik.

Ruh, jangan salah lho, karena ruh juga harus dikasih makan, seperti sholat, ngaji, muhasabah dan sebagainya. Kalau makannya ruh dikasih makan bener-bener maka akan tercermin dari akhlak. Tapi kalau makanannya hanya sepintas lalu ya wayahna, sholat jalan kelakuan tetep minus.

#ODOPfor99days

#day31

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s