Belanja pendidikan

Aku biasa membeli barang dengan sekedar membolak balik produk, lalu oke aku beli atau nooo….cari yang lain. Tapi agak berbeda dengan suami, kadang udah oke pun suami selalu mengingatkan untuk cek lagi, lebih teliti lagi, cari ditempat lain, kali aja ada yang lebih bagus dengan kualitas yang tak kalah. Beberapa kali terjebak dengan membeli secara impulsif tapi akhirnya ngga kepake lama juga. Artinya membeli segala sesuatu tetap pada kebutuhannya, kenyamanannya, sesuai dengan kantong dan penuh dengan pertimbangan

.download

Jika pendidikan sama dengan belanja, maka akan banyak sekali pertanyaan untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Pertanyaannya kemudian akan terbagi menjadi pertanyaan untuk anak, pertanyaan untuk orang tua dan pertanyaan untuk keluarga.

Penting ketika menanyakan perihal senang belajar apa, bagaimana cara belajar yang asik, sampai nyaman tidaknya saat belajar. Berhubung ngga setiap anak cocok dengan pertanyaan semacam itu, orang tua perlu belajar buat membaca anak! Iqro, maka bacalah! Aku percaya tak ada orang tua yang tak pandai membaca anak, apalagi anak sendiri, wuiih..jago pasti!

Pertanyaan kedua bukan untuk orang tua, tapi untuk keluarga. Kurikulum keluarga seperti apa yang sedang dan akan dibangun? Jika bingung dengan kurikulum mungkin bisa mulai dengan pertanyaan yang lebih sederhana, ingin membangun keluarga seperti apa? Keluarga hafidz? Keluarga pecinta buku? Keluarga penggemar kegiatan outdoor? Apapun itu selaraskan dengan kenyamanan anak.

Jika semua sudah oke, barulah masuk ke pertanyaan selanjutnya bagi orang tua. Berapa biaya yang pas untuk mendapatkan kurikulum keluarga dengan kenyamanan anak? Bisakah dipenuhi dari sekolah? Jika bisa, lanjutkan! Sekolah dibuat untuk membantu orang tua mewujudkan kurikulum keluarga kok. Jika tidak, apakah perlu penambahan les atau kegiatan tambahan? Atau justru dengan tambahan ini itu malah membuat tak nyaman? Jika sekolah tak bisa memenuhi itu semua, make your own school for your kids!

#ODOPfor99days

#day25

Advertisements

One thought on “Belanja pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s