Liontin ungu, jimat Sofia

 

download

Sejak kedatangannya ke istana Enchancia, Sofia mendapatkan kalung berliontin ungu dari ayah tirinya. Kalung yang disebut sebagai jimat itu dapat mendatangkan putri-putri lain bila Sofia mendapat kesulitan sekaligus mendatangkan kutukan ketika Sofia berbuat buruk.

“Bun aku mau punya jimat kaya Sofia” kata Qaireen suatu hari.

“Kenapa kakak mau jimat? Kakak tahu ngga jimat itu apa?” tanyaku. Qai menggelang.

Anak-anak sering sekali mau ini itu tanpa tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan, tugas kitalah sebagai orang tua untuk menjelaskan pada anak-anak agar jangan sampai salah kaprah.

“Jimatnya Sofia keren ya kak? Bisa manggil putri-putri lain kalau Sofia kesusahan, tapi kalau Sofia Sofia berbuat buruk suaranya bisa jadi kodok ya? hehe”

“Iya bun…” dan mulailah cerita mengenai kehebatan jimat Sofia meluncur dari mulut Qaireen. Kelebihan-kelabihan itu lalu aku tambahi dengan kelabihan jimat-jimat lainnya “Ada lho kak jimat yang bikin pinter, bikin cantik, dagangannya laku, jadi gak mempan kalau kena senjata, keren ya kak” tambahku. Mata Qaireen mulai berbinar-binar mendengarkan cerita tantang super wah-nya si jimat jimat ini. “Tapi tau ngga kak, kalo itu termasuk syirik, menyekutukan Allah, termasuk menyembah selain ke Allah, boleh ngga kak?”. “Hah? Emang iya bun?”

Sederhana jika orang tua mau langsung membelikan kalung yang serupa untuk anak-anaknya, namun tak sesederhana itu jika menjalaskan perihal kesyirikkan dalam bungkus yang cantik dan menarik. Tak hanya jimat dalam bentuk benda saja yang kami diskusikan namun juga bentuk jimat yang lain seperti rapalan mantra dengan berbagai ritualnya.

“Ada lho kak yang nulis surat atau ayat-ayat di Al-Quran terus dicelupin ke air baru deh airnya diminum, katanya biar pinter, biar ujiannya lancar. Tapi kalo ngga belajar ya sama juga tetep ngga akan bisa. Yang jelas kalau mau minta pinter, minta jadi anak sholehah mintanya langsung ya ke Allah, banyak-banyak berdoa terutama setelah sholat ya kak.”

“Terus bun, kalo jimat emang bisa ngabulin permintaan, kalo bukan Allah yang ngabulin terus siapa bun?”

“Itu jin kak, kita kaya dibikin percaya kalau jimat itu bisa mengabulkan semua permintaan, tapi sebenarnya kita hanya ditipu sama jin, supaya kita nanti jadi penghuni neraka bareng sama jin, mau ngga?”

“Ngga mau!”

“Ada lho kak doa biar ngga diganggu sama jin, baca a’uuzubillahiminassyaithonirrojiim”

 

#ODOPfor99days

#day22

 

 

 

 

Advertisements

One thought on “Liontin ungu, jimat Sofia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s