Menulis: Menajamkan ingatan dalam pena

Menulis…

Beberapa hari yang lalu seorang teman menanyakan kenapa sih aku menulis?

Jujur saja aku bukan penulis yang baik bahkan aku sangat ingin ikut sekolah kepenulisan demi membangun sense menulis. Namun akhirnya ide itu aku urungkan karena aku fikir aku harus terbiasa menulis dulu, terbiasa menuangkan ide walaupun hanya 1 kalimat setiap harinya. Tidak mudah pada awalnya, aku bisa membuat tulisan dengan 200 kata saja bisa seharian. Itu pun dengan susunan kata yang bisa kuubah sampai beberapa kali demi menemukan kalimat  yang pas. Namun seiring waktu aku makin hari aku makin menikmati proses penulisan, mencari ide saat membuka laptop, atau menuliskan poin-poin ide di notes. Masih dengan waktu yang lama tapi tak selama diawal.

menulis
setajam-tajamnya ingatan suatu saat akan lupa juga

Pernah ketika aku sedang berusaha menyelesaikan postinganku hari itu, Qai bertanya kenapa aku menulis. Pertanyaan itu sebenarnya pernah Qai lontarkan jauh sebelum temanku bertanya kenapa aku menulis. Dan aku kembali menjawab sama seperti jawabanku pada Qai sebelumnya  “Bunda mau jadi terbiasa menulis supaya kakak juga jadi terbiasa menulis, bunda pernah baca kalau bangsa Indonesia bisa punya kebiasaan menulis saja sekian persen bangsa kita bisa lebih maju kak, dan bunda pengen kakak ikut jadi bagian yang memajukan bangsa kita.”

Dalam sebuah artikel yang aku baca disini menulis dan membaca bisa dikatakan 1 paket. Orang akan menjadi penulis yang baik jika terbiasa membaca, membaca bukan hanya sekedar status sosmed namun terbiasa membaca buku. Itulah sebabnya kini aku lebih rajin membacakan buku untuk anak-anak, selain menargetkan tamat membaca 1 buku dalam 2 minggu. Berat? Pastinya, karena membaca merupakan aktivitas me time yang sangat mengasyikkan, namun dengan tugas utama sebagai ibu dan istri, aktivitas ini harus disimpan di waktu yang pas.

Leave a Reply

