Bismillahi paksakeun!

Bismillahi paksakeun!

Atau jika diterjemahkan menjadi Dengan nama Allah, paksain! yang merupakan quotes dari guru ngaji aku. Agak nyeleneh memang tapi itu benar adanya. Niat aja ngga cukup kalo ngga dikerjain, makanya kalo malas ngerjainnya ya Bismillahi paksakeun! Masih malas juga? hadeuh….manusia yah, udah diiming-imingi walaupun cuma niat aja uda dikasi pahala ma Allah masih aja bisa ngeles, yang penting niat! Itulah kenapa Rasul mengajarkan kita doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ


”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Atau dalam teks bahasa Indonesia :

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Kadang kita butuh lho untuk dipaksa, ngga percaya? Waktu kita kecil, orang tua kita maksa kita buat sholat. Bahkan sampai sekarang masih ngantuk juga kita paksain buat bangun kan? Ngga biasa nulis, ikutan ODOP jadi kepaksa meras otak , nulis apa lagi nih sekarang? Hanya sifat pemaksaannya bisa keras bisa lembut, tergantung caranya.

Kenapa sih manusia harus dipaksa dulu? Ya supaya teratur, dan bisa mengeluarkan potensinya. Mau rajin nulis ya dengan nulis, mau rajin dhuha ya dengan dhuha, mau rajin masak ya dengan masak. Berat awalnya, tapi akan ringan ketika menjadi kebiasaan.

#ODOPfor99days

#day13

Advertisements

2 thoughts on “Bismillahi paksakeun!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s