Darajat Pass

Berkunjung ke Darajat sudah lama diimpikan oleh Mamah, ibu mertuaku. Beberapa kali berniat kesana tapi baru kali ini kesampaian. Kalau ditanya di Darajat ada apa, Mamah bilang ‘Mamah juga ngga tau, makanya pengen kesana biar tahu’.

Aku membayangkan Darajat itu mirip seperti Gunung Tangkuban Parahu, sebuah gunung dengan kawah yang bisa digunakan memasak telor rebus tanpa api. Mungkin saja itu benar karena tidak kami eksplor semua setelah melihat untaian mobil rela bermacet-macet ria menuju Darajat, sepertinya ide menghentikan niat menjelajahi seluruh kawasan Darajat adalah hal yang tepat.

Darajat adalah sebuah kawasan wisata pegunungan di Garut, entah berada di kaki gunung apa. Sepanjang jalan kanan-kiri mulai banyak area wisata yang didominasi oleh kolam renang air panas. Bayangan mengenai kawah telur rebus pun menguap sudah.

Darajat Pass akhirnya menjadi tempat pemberhentian kami. Kata teteh sih, ini belum Darajat sepenuhnya, tapi ya sudahlah daripada habis waktu menikmati macet.

Darajat Pass mengingatkanku pada wisata jaman baheula. Banyak rombongan keluarga menikmati kolam air panas dengan banyak lokasi terbuka untuk kumpul-kumpul dan botram. Kebanyakan yang aku lihat, banyak keluarga yang memilih membawa makanan sendiri ketimbang membeli di kantin.

Banyak saung yang disewakan dengan harga 15rb/jam nya. Sebenarnya lokasi kami tak terlalu menarik, persis diatas tempat parkir. Kebayang kan jika mobil segitu banyaknya, dan diisi full, setengahnya aja masuk kolam apa jadinya?

Dan inilah yang membuat kami akhirnya mengurungkan niat untuk berenang, selain cuaca yang tidak mendukung tentunya.

Kontur di tempat ini berbukit-bukit, bila tak ingin wisata basah-basahan bisa dengan foto-foto atau main di kebing bawang daun, persis dibawah tulisan ‘Darajat Pass’. Buat anak-anak juga disediakan trampolin dan kereta api mini dengan tiket 10 ribu untuk sekali bermain per permainan. Mau mencoba yang sedikit menguji adrenalin? Bisa nyoba flying fox dengan lintasan yang lumayan panjang.

#ODOPfor99days

#day11

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s