Mati Listrik Lagi

WP_20160107_17_21_57_Pro[1]Pernah ngalamin mati listrik lebih dari 6 jam?

Udah pada mati gaya? hehehe…

Beberapa hari ini kejadian mati listrik di perumahan tempat ibuku tinggal menjadi hal yang akrab sekali. Sekalinya mati listrik bisa lebih dari 6 jam. Entah apa yang diganti, namun hampir 6 mobil bekerja di tiang-tiang listrik sepanjang jalan.

Rasanya buat semua orang, aakan sangat kesal kalau mengalami mati listrik yang cukup lama. Namun untuk anak-anak mati listrik bisa menjadi sebuah pengalaman yang menarik karena bisa belajar mengamati cara kerja sebuah tim PLN.

Kemarin dirumah ibu terkena efek pemadaman yang cukup lama. Untungnya cuaca cukup cerah dan membuat anak-anak jadi banyak waktu untuk membaca buku dan bermain. Menjelang sore banyak mobil PLN yang berseliweran didepan rumah. Rupanya perbaikan yang tadi siang aku lihat berubah menjadi lebih serius sampai-sampai harus diganti trafonya.

Mulai deh orang-orang pada sibuk ngeliatin penggeretan trafo, tak terkecuali aku dan anak-anak. Buatku ini pembelajaran yang menarik, entah apa yang akan ditanya anak-anak nanti, namun kami sangat bersemangat.

‘Itu sedang apa sih Bun?’ begitu kami sampai didekat lokasi gardu.

‘Kayaknya bakalan diganti trafonya deh kak’ jawabku.

‘Trafo itu apa Bun? Didalam trafo ada listriknya ya?’ tanyanya kemudian.

‘Waduh Bunda ga tau kak, nanti kita cari tahu ya?’ yah mending ngaku ngga tahu aja deh daripada salah, ya kan?

Perbincangan kami sore itu berlangsung seru, mulai dari melihat perlengkapan safety para pekerja lapangannya, sampai menemukan komandan lapangan yang ditebak dengan sukses oleh Qaireen dengan melihat kesamaan baju namun menggunakan rompi. Terlihat berbeda diantara yang sama.

WP_20160107_17_32_12_Pro[1]
Komandan Lapangan
Tak hanya di lokasi, diskusi kami berlanjut sampai dirumah.

‘Kenapa ya Bun, kok yang kerjanya belum berhenti aja, kan capek sampai Maghrib gini belum beres aja’

‘Kakak tahu, ini bukan tentang capek atau ngga capek, ini tentang tanggung jawab. Orang yang bekerja untuk kepentingan orang banyak seperti pekerja-pekerja PLN tadi punya tanggung jawab yang besar. Coba kakak bayangkan kalau karena alasan capek, mereka berhenti bekerja di tengah jalan. Kakak mau semalaman gelap-gelapaan?’

‘Hehehe, iya juga ya Bun’

#ODOPfor99days

#day7

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s